Selasa, 29 Mei 2012

    Satuan Pendidikan     :    SMA
Mata Pelajaran                 :    Bahasa Indonesia 
Kelas              :   x
Semester                           :   1
Alokasi  Waktu                  : 2x40 Menit
A.    STANDAR KOMPOTENSI
Menulis :
12.mengkungkapkan informasi melalui paragraf  argumentasi
B. KOMPONTENSI DASAR
Menulis gagasan untuk mendukung suatu  pendapat dalam bentuk  paragraf argumentatif
    C  . INDIKTATOR
1.    Kognitif
a.    Produk
Menjelaskan   peraragraf argumentsi
b.    Proses
Menulis  gagasan  untuk  mendukung suatu   pendapat   dalam  bentuk  paragraf arguntasi
2.    Psikomotor
Mampu  menulis  gagasan  untuk  mendukung  suatu  pendapat  dalam bentuk paragraf  argumentasi
     a.Karakter
•    kerja sama
•    Akomodatif
•    T anggung jawab
•    Apresiasif 

b.Keterampilan   sosial
•    bertanya dan memberi tanggapan  dengan bahasa  yang baik dan benar
•    menyumbang ide
•    menjadi  pembaca  dan pendengar  yang   apresiatif 
membaca teman yang mengalami kesulitan
    D. TUJUAN  PEMBELAJARAN
•    Kognitif
a.    Produk
1)    Secara mandiri siswa dapat menjelaskan konsep tentang pengertian paragraf argumentasi .
2)    Secara mandiri siswa dapat memberikan tanggapan dengan alasan yang logis tentang semua penjelasan tentang paragraph argumentasi
b.    Proses
Siswa di berikan  lembar kerja yang berisi  teks paragraph argumentasi ,selanjutnya siswa di harapkan dapat menenentukan  topic paragraph argumentasi
•    Psikomotor
Memberi  kesimpulan  yang logis  mengenai contoh  , cirri-ciri , topik, dan penggunaan kata penghubung dalam paragraph argumentasi
•    Afektif
a.    Karakter
Siswa dapat terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam berperilaku seperti dapat di percaya ,rasa hormat dan perhatian ,tekun,bertanggung jawab,dan berani .
b.    Keterampilan sosial
Siswaterlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam menyimpulkan pikiran , pendapat  , dan gagasan seseorang  seorang toko narasumber  bertanya dengan bahasa yang baik  dan benar , menyumbang ide , dan membantu teman yang mengalami kesulitan .
    E. MATERI PEMBELAJARAN
•    Pengertian paragraph argumentasi  dan  ciri –ciri  argumentasi
    F. MODEL PEMBELAJARAN
•    Model  pembelajaran : demonstrasi
•     Model  pembelajaran : penugasan , pemodelan

    G. MEDIA, ALAT / BAHAN 
    Lembar Kerja Siswa, Kertas HVS ,Spidol
    H. LANGKA –LANGKA KEGIATAN PEMBELAJARAN
NO    Kegiatan
A,     Kegiatan  Awal
1.    Memotivasi  Siswa .
2.    Apresiatif  dengan menggali pengalaman  siswa  tentang gagasan  utama dari  teks  yang perna di pelajari .
3.    Menjelaskan kompentensi  dan indiktator  yang akan di capai
4.    Mengemukakan   langka –langka  pembelajaran  yang akan di capai
B.         K egiatan  Inti
Tahap 1.

5.  Siswa  duduk –duduk dalam kelompok –kelompok  kecil /mandiri yang terdiri atas  per orang / beberapa orang  anggota .
6.  menulis karangan yang berpola pengembangan argumentatif gambar yang di sajikan (secara kreatif mengembangkan karangan argumentatif
7. mengidentifikasi karakteristik paragraf argumentatif
8. menyunting  karangan berpola  pengembangan argumentatif  milik teman
9. guru merefleksi karangan argumentatif .

Tahap 2


10. siswa berdiskusi untuk menyimpilkan  isi bacaan dengan menerapkan  prinsip saling menyumbang ide . siswa juga menunjukan sikap sebagai pendengar  yang apresiatif ketika temannya menyumbang ide .
11. siswa menyimpulkan  pengertian  paragraph argumentasi   dan isi bacaan  berdasarkan pembacaan hasil kelompok . seraya membantu teman  yang mengalami kesulitan
12.  siswa menunjukan apresiasi  terhadap  hasil unjuk kerja teman kelompok lain

C.         Kegiatan akhir (+ 10 Menit ) 
13. Siswa  membuat rumusan simpulan terhadap butir-butir pembelajaran yang sudah mereka ikuti
14.  Siswa menyampaikan  kesan dengan menggunkan bahasa yang baik dengan benar  terhadap pembeljaran yang baru  berlangsung sebagai kegiatan refleksi
15. guru member penguatan terhadap simpulan yang di berikan oleh para siswa
16. guru memberikan penghargaan terhadap hasi belajar siswa
17. guru memberikan tindak lanjut berupa tugas

I.    SUMBER PEMBELAJARAN
1.    Buku teks
2.    Buku refensi
J.     PENILAIAN
Indiktator     Indiktator soal     Teknik     Bentuk     Instrumen
1.    Mampu mengungkapkan informasi  melalui penulisan paragraf  argumentatif     Di sajikan teks bacaan ,untuk mengungkapkan informasi melalui penulisan paragraph argumentatif     Tes penugasan     Tes tulis







Lomba observasi      Setelah menulis paragraf  argumentatif siswa dapat menilai  benar tidaknya  penulisan paragraf argumentatif
2.    Mampu menemukan pengertian  paragraf argumentasi     Di sajikan  sebuah teks   bacaan yang berupa paragraf  argumentasi          Unjuk kerja     Berdasarkan  paragraf yang telah di sediakan  siswa dapat menentukan  ide pokok paragraf argumentasi
3.    Mampu membuat ringkasan isi  berupa paragraf argumentasi  dalam beberapa kalimat     Di sajikan tes secara tertulis  siswa dapat membuat paragraf argumentasi             Menulis ringkasan isi bacaan dalam bentuk paragraf argumentatif




A.    BAHAN PEMBELAJARAN
PARAGRAF ARGUMENTASI
A.    Pengertian paragraf argumentasi
Makna kata argumen ialah alasan. Jadi, yang dimaksud argumentasi itu adalah pemberian alasan yang kuat dan meyakinkan.  Argumentasi merupakan bentuk karangan eksposisi yang khusus.paragraf  argumentasi mengemukakan alasan, contoh, dan bukti yang kuat serta meyakinkan sehingga pembaca akan terpengaruh dan membenarkan pendapat, gagasan, sikap, dan keyakinan kita. Untuk membuk¬tikan bahwa apa yang kita kemukakan itu benar, perlu kita sertakan grafik, gambar, statistik, denah, peta, dan lain-lain. Contoh: Pembangunan gedung-gedung bertingkat untuk perkantoran dan pusat perbelanjaan di sekitar pemukiman masyarakat akan menimbulkan berbagai dampak, baik yang positif maupun yang negatif. Dampak yang positif, antara lain tanah yang mereka miliki harganya akan melambung tinggi. Misalnya, tanah di daerah Tanjung Duren Raya, Jakarta Barat setelah dibangun gedung mal dan apartemen, harganya di atas Rp 8 juta/m. Sedangkan, dampak negatifnya, antara lain penduduk sekitar gedung tersebut kesulitan mendapatkan air bersih karena gedung-gedung tersebut pada umumnya menggunakan jat pump yang kapasitasnya sangat tinggi sehingga air yang dipompa dengan pompa biasa tidak dapat keluar dengan lancar. Adapun fungsi argumentasi adalah agar  pembaca yakin bahwa ide, gagasan, atau pendapat tersebut adalah benar dan terbukti .
Ciri-ciri paragraf argumentasi
1.    bersifat nonfiksi /ilmiah
2.    bertujuan menyakinkan orang lain bahwa apa yang dikemukakan merupakan kebenaran
3.    dilengkapi bukti-bukti berupa data, tabel, gambar dll
4.    ditutup dengan kesimpulan
B.    Jenis-Jenis  Paragraf Argumentasi
1.    Paragraf argumentatif rincian
Jenis paragraf argumentasi rincian adalah paragraf yang berisi pendapat dan alasan penulis yang disertai beberapa rincian. Misalnya, paragraf argumentatif tentang Jiwa Kepahlawanan. Contoh:
Jiwa kepahlawanan harus senantiasa dipupuk dan dikembangkan karena dengan jiwa kepahlawanan, pembangunan di negara kita dapat berjalan dengan sukses. Jiwa kepahlawanan akan berkembang menjadi nilai-nilai dan sifat kepribadian yang luhur, berjiwa besar, bertanggung jawab, berdedikasi, loyal, tangguh, dan cinta terhadap sesama. Semua sifat ini sangat dibutuhkan untuk mendukung pembangunan di berbagai bidang.

2.  Paragraf argumentatif contoh
Paragraf argumentasi contoh adalah paragraf yang berisi pendapat dan alasan penulis yang disertai beberapa contoh sebagai bukti bahwa pendapat penulis benar dan tidak dapat disangkal lagi oleh pembaca. Misalnya, paragraf argumentatif tentang Bahan Bakar Alternatif
Contoh:Setelah manusia mulai menyadari dampak penggunaan bahan bakar fosil yang dapat membahayakan, manusia mulai berpikir untuk mencari bahan bakar alternatif. Tetapi, apakah bahan bakar alternatif lain yang diusulkan ini dapat efektif? Kita ambil contoh, bioetanol yang berasal dari jagung. Jika kita menggunakan etanol dari jagung ini, maka diperlukan berapa juta hektar lahan jagung untuk memenuhi kebutuhan manusia? Itu akan mengakibatkan dampak lain yaitu berkurangnya lahan tempat tinggal dan lahan hutan. Orang akan membuka hutan dan menjadikannya lahan jagung. Tentunya itu merusak lingkungan bukan?
3. Paragraf argumentatif sebab-akibat
Paragraf argumentatif sebab-akibat adalah paragraf yang dikembangkan dengan menyampaikan terlebih dahulu sebab-sebabnya dan diakhiri dengan pernyataan sebagai akibat dari sebab tersebut.Contoh paragraf argumentaKemarau tahun ini cukup panjang. Sebelumnya, pohon-pohon di hutan sebagai penyerap air banyak yang ditebang. Di samping itu, irigasi di desa ini tidak lancar. Ditambah lagi dengan harga pupuk yang semakin mahal dan kurangnya pengetahuan para petani dalam menggarap lahan tanahnya. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika panen di desa ini selalu gagal.
5.    Paragraf argumentatif akibat sebab
Paragraf argumentatif sebab-akibat adalah paragraf yang dikembangkan dengan menyampaikan terlebih dahulu akibatnya, kemudian dicari penyebabnya. .Contoh paragraf argumentatif akibat sebab tentang Udara Kotor.tif tentang Kegagalan Panen
TUGAS
1.    Buatlah 1 contoh paragraf argumentasi ?
    Nama:     NIM:                   Tanggal:

LKS 1= Kognitif: produk

1.    Jelaskan pengertian paragraf argumentatif



















    Nama:         NIM:    Tanggal :

            LKS 2= Kognitif :proses
    Berdasarkan hasil bacaan , buatlah kesimpulan  dari isi  bacaan di atas !
    Tugas :
1.    Buatlah paragraf argumentasi  berdasarkan teks wacana !
2.    Minta seorang temanmu  mengajukan  pertanyaan !  jawab pertanyaan yang di ajukan temanmu tersebut !
3.    Apakah kamu mampu mejawab pertanyaan teman kamu itu  dengan  kecepatan 75% ! berapa persenkah pemahamanmu?
4.    Tentukan paragraf argumentasi berdasarkan teks wacana !
5.    Buatlah kesimpulan isi bacaan tersebut !






















        LKS 3=  Afektif perilaku berkarakter
PETUNJUK

Berilah penilaian  di atas  setiap perilaku berkarakter  siswa menggunakan skala berikut :
A=Sangat baik     B. =memuaskan
    C = Menunjukan Kemajuan     D =Memerlukan perbaikan

        FORMAT PENILAIAN PERILAKU BERKARAKTER
NO     Rincian Tugas Kinerja (RTK)    Memerlukan Perbaikan (D)    Menunjukan Kemampuan (C)    Memuaskan
(B)    Sangat Baik
(A)
1    Kerja Sama                
2    Akomodatif                
3    Bertanggungjawab                
4    Apresiatif                





Tidak ada komentar:

Posting Komentar