Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : x
Semester : 1
Alokasi Waktu : 2x40 Menit
A. STANDAR KOMPOTENSI
Menulis :
12.mengkungkapkan informasi melalui paragraf argumentasi
B. KOMPONTENSI DASAR
Menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentatif
C . INDIKTATOR
1. Kognitif
a. Produk
Menjelaskan peraragraf argumentsi
b. Proses
Menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf arguntasi
2. Psikomotor
Mampu menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentasi
a.Karakter
• kerja sama
• Akomodatif
• T anggung jawab
• Apresiasif
b.Keterampilan sosial
• bertanya dan memberi tanggapan dengan bahasa yang baik dan benar
• menyumbang ide
• menjadi pembaca dan pendengar yang apresiatif
membaca teman yang mengalami kesulitan
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
• Kognitif
a. Produk
1) Secara mandiri siswa dapat menjelaskan konsep tentang pengertian paragraf argumentasi .
2) Secara mandiri siswa dapat memberikan tanggapan dengan alasan yang logis tentang semua penjelasan tentang paragraph argumentasi
b. Proses
Siswa di berikan lembar kerja yang berisi teks paragraph argumentasi ,selanjutnya siswa di harapkan dapat menenentukan topic paragraph argumentasi
• Psikomotor
Memberi kesimpulan yang logis mengenai contoh , cirri-ciri , topik, dan penggunaan kata penghubung dalam paragraph argumentasi
• Afektif
a. Karakter
Siswa dapat terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam berperilaku seperti dapat di percaya ,rasa hormat dan perhatian ,tekun,bertanggung jawab,dan berani .
b. Keterampilan sosial
Siswaterlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam menyimpulkan pikiran , pendapat , dan gagasan seseorang seorang toko narasumber bertanya dengan bahasa yang baik dan benar , menyumbang ide , dan membantu teman yang mengalami kesulitan .
E. MATERI PEMBELAJARAN
• Pengertian paragraph argumentasi dan ciri –ciri argumentasi
F. MODEL PEMBELAJARAN
• Model pembelajaran : demonstrasi
• Model pembelajaran : penugasan , pemodelan
G. MEDIA, ALAT / BAHAN
Lembar Kerja Siswa, Kertas HVS ,Spidol
H. LANGKA –LANGKA KEGIATAN PEMBELAJARAN
NO Kegiatan
A, Kegiatan Awal
1. Memotivasi Siswa .
2. Apresiatif dengan menggali pengalaman siswa tentang gagasan utama dari teks yang perna di pelajari .
3. Menjelaskan kompentensi dan indiktator yang akan di capai
4. Mengemukakan langka –langka pembelajaran yang akan di capai
B. K egiatan Inti
Tahap 1.
5. Siswa duduk –duduk dalam kelompok –kelompok kecil /mandiri yang terdiri atas per orang / beberapa orang anggota .
6. menulis karangan yang berpola pengembangan argumentatif gambar yang di sajikan (secara kreatif mengembangkan karangan argumentatif
7. mengidentifikasi karakteristik paragraf argumentatif
8. menyunting karangan berpola pengembangan argumentatif milik teman
9. guru merefleksi karangan argumentatif .
Tahap 2
10. siswa berdiskusi untuk menyimpilkan isi bacaan dengan menerapkan prinsip saling menyumbang ide . siswa juga menunjukan sikap sebagai pendengar yang apresiatif ketika temannya menyumbang ide .
11. siswa menyimpulkan pengertian paragraph argumentasi dan isi bacaan berdasarkan pembacaan hasil kelompok . seraya membantu teman yang mengalami kesulitan
12. siswa menunjukan apresiasi terhadap hasil unjuk kerja teman kelompok lain
C. Kegiatan akhir (+ 10 Menit )
13. Siswa membuat rumusan simpulan terhadap butir-butir pembelajaran yang sudah mereka ikuti
14. Siswa menyampaikan kesan dengan menggunkan bahasa yang baik dengan benar terhadap pembeljaran yang baru berlangsung sebagai kegiatan refleksi
15. guru member penguatan terhadap simpulan yang di berikan oleh para siswa
16. guru memberikan penghargaan terhadap hasi belajar siswa
17. guru memberikan tindak lanjut berupa tugas
I. SUMBER PEMBELAJARAN
1. Buku teks
2. Buku refensi
J. PENILAIAN
Indiktator Indiktator soal Teknik Bentuk Instrumen
1. Mampu mengungkapkan informasi melalui penulisan paragraf argumentatif Di sajikan teks bacaan ,untuk mengungkapkan informasi melalui penulisan paragraph argumentatif Tes penugasan Tes tulis
Lomba observasi Setelah menulis paragraf argumentatif siswa dapat menilai benar tidaknya penulisan paragraf argumentatif
2. Mampu menemukan pengertian paragraf argumentasi Di sajikan sebuah teks bacaan yang berupa paragraf argumentasi Unjuk kerja Berdasarkan paragraf yang telah di sediakan siswa dapat menentukan ide pokok paragraf argumentasi
3. Mampu membuat ringkasan isi berupa paragraf argumentasi dalam beberapa kalimat Di sajikan tes secara tertulis siswa dapat membuat paragraf argumentasi Menulis ringkasan isi bacaan dalam bentuk paragraf argumentatif
A. BAHAN PEMBELAJARAN
PARAGRAF ARGUMENTASI
A. Pengertian paragraf argumentasi
Makna kata argumen ialah alasan. Jadi, yang dimaksud argumentasi itu adalah pemberian alasan yang kuat dan meyakinkan. Argumentasi merupakan bentuk karangan eksposisi yang khusus.paragraf argumentasi mengemukakan alasan, contoh, dan bukti yang kuat serta meyakinkan sehingga pembaca akan terpengaruh dan membenarkan pendapat, gagasan, sikap, dan keyakinan kita. Untuk membuk¬tikan bahwa apa yang kita kemukakan itu benar, perlu kita sertakan grafik, gambar, statistik, denah, peta, dan lain-lain. Contoh: Pembangunan gedung-gedung bertingkat untuk perkantoran dan pusat perbelanjaan di sekitar pemukiman masyarakat akan menimbulkan berbagai dampak, baik yang positif maupun yang negatif. Dampak yang positif, antara lain tanah yang mereka miliki harganya akan melambung tinggi. Misalnya, tanah di daerah Tanjung Duren Raya, Jakarta Barat setelah dibangun gedung mal dan apartemen, harganya di atas Rp 8 juta/m. Sedangkan, dampak negatifnya, antara lain penduduk sekitar gedung tersebut kesulitan mendapatkan air bersih karena gedung-gedung tersebut pada umumnya menggunakan jat pump yang kapasitasnya sangat tinggi sehingga air yang dipompa dengan pompa biasa tidak dapat keluar dengan lancar. Adapun fungsi argumentasi adalah agar pembaca yakin bahwa ide, gagasan, atau pendapat tersebut adalah benar dan terbukti .
Ciri-ciri paragraf argumentasi
1. bersifat nonfiksi /ilmiah
2. bertujuan menyakinkan orang lain bahwa apa yang dikemukakan merupakan kebenaran
3. dilengkapi bukti-bukti berupa data, tabel, gambar dll
4. ditutup dengan kesimpulan
B. Jenis-Jenis Paragraf Argumentasi
1. Paragraf argumentatif rincian
Jenis paragraf argumentasi rincian adalah paragraf yang berisi pendapat dan alasan penulis yang disertai beberapa rincian. Misalnya, paragraf argumentatif tentang Jiwa Kepahlawanan. Contoh:
Jiwa kepahlawanan harus senantiasa dipupuk dan dikembangkan karena dengan jiwa kepahlawanan, pembangunan di negara kita dapat berjalan dengan sukses. Jiwa kepahlawanan akan berkembang menjadi nilai-nilai dan sifat kepribadian yang luhur, berjiwa besar, bertanggung jawab, berdedikasi, loyal, tangguh, dan cinta terhadap sesama. Semua sifat ini sangat dibutuhkan untuk mendukung pembangunan di berbagai bidang.
2. Paragraf argumentatif contoh
Paragraf argumentasi contoh adalah paragraf yang berisi pendapat dan alasan penulis yang disertai beberapa contoh sebagai bukti bahwa pendapat penulis benar dan tidak dapat disangkal lagi oleh pembaca. Misalnya, paragraf argumentatif tentang Bahan Bakar Alternatif
Contoh:Setelah manusia mulai menyadari dampak penggunaan bahan bakar fosil yang dapat membahayakan, manusia mulai berpikir untuk mencari bahan bakar alternatif. Tetapi, apakah bahan bakar alternatif lain yang diusulkan ini dapat efektif? Kita ambil contoh, bioetanol yang berasal dari jagung. Jika kita menggunakan etanol dari jagung ini, maka diperlukan berapa juta hektar lahan jagung untuk memenuhi kebutuhan manusia? Itu akan mengakibatkan dampak lain yaitu berkurangnya lahan tempat tinggal dan lahan hutan. Orang akan membuka hutan dan menjadikannya lahan jagung. Tentunya itu merusak lingkungan bukan?
3. Paragraf argumentatif sebab-akibat
Paragraf argumentatif sebab-akibat adalah paragraf yang dikembangkan dengan menyampaikan terlebih dahulu sebab-sebabnya dan diakhiri dengan pernyataan sebagai akibat dari sebab tersebut.Contoh paragraf argumentaKemarau tahun ini cukup panjang. Sebelumnya, pohon-pohon di hutan sebagai penyerap air banyak yang ditebang. Di samping itu, irigasi di desa ini tidak lancar. Ditambah lagi dengan harga pupuk yang semakin mahal dan kurangnya pengetahuan para petani dalam menggarap lahan tanahnya. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika panen di desa ini selalu gagal.
5. Paragraf argumentatif akibat sebab
Paragraf argumentatif sebab-akibat adalah paragraf yang dikembangkan dengan menyampaikan terlebih dahulu akibatnya, kemudian dicari penyebabnya. .Contoh paragraf argumentatif akibat sebab tentang Udara Kotor.tif tentang Kegagalan Panen
TUGAS
1. Buatlah 1 contoh paragraf argumentasi ?
Nama: NIM: Tanggal:
LKS 1= Kognitif: produk
1. Jelaskan pengertian paragraf argumentatif
Nama: NIM: Tanggal :
LKS 2= Kognitif :proses
Berdasarkan hasil bacaan , buatlah kesimpulan dari isi bacaan di atas !
Tugas :
1. Buatlah paragraf argumentasi berdasarkan teks wacana !
2. Minta seorang temanmu mengajukan pertanyaan ! jawab pertanyaan yang di ajukan temanmu tersebut !
3. Apakah kamu mampu mejawab pertanyaan teman kamu itu dengan kecepatan 75% ! berapa persenkah pemahamanmu?
4. Tentukan paragraf argumentasi berdasarkan teks wacana !
5. Buatlah kesimpulan isi bacaan tersebut !
LKS 3= Afektif perilaku berkarakter
PETUNJUK
Berilah penilaian di atas setiap perilaku berkarakter siswa menggunakan skala berikut :
A=Sangat baik B. =memuaskan
C = Menunjukan Kemajuan D =Memerlukan perbaikan
FORMAT PENILAIAN PERILAKU BERKARAKTER
NO Rincian Tugas Kinerja (RTK) Memerlukan Perbaikan (D) Menunjukan Kemampuan (C) Memuaskan
(B) Sangat Baik
(A)
1 Kerja Sama
2 Akomodatif
3 Bertanggungjawab
4 Apresiatif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar