Selasa, 05 Juni 2012



lahan jagung untuk memenuhi kebutuhan manusia? Itu akan mengakibatkan dampak lain yaitu berkurangnya lahan tempat tinggal dan lahan hutan. Orang akan membuka hutan dan menjadikannya lahan jagung. Tentunya itu merusak lingkungan bukan?

3. Paragraf argumentatif sebab-akibat
Paragraf argumentatif sebab-akibat adalah paragraf yang dikembangkan dengan menyampaikan terlebih dahulu sebab-sebabnya dan diakhiri dengan pernyataan sebagai akibat dari sebab tersebut.contoh,Setelah manusia mulai menyadari dampak penggunaan bahan bakar fosil yang dapat membahayakan, manusia mulai berpikir untuk mencari bahan bakar alternatif. Tetapi, apakah bahan bakar alternatif lain yang diusulkan ini dapat efektif? Kita ambil contoh, bioetanol yang berasal dari jagung. Jika kita menggunakan etanol dari jagung ini, maka diperlukan berapa juta hektar lahan jagung untuk memenuhi kebutuhan manusia? Itu akan mengakibatkan dampak lain yaitu berkurangnya lahan tempat tinggal dan lahan hutan. Orang akan membuka hutan dan menjadikannya lahan jagung. Tentunya itu merusak lingkungan bukan?
4.Paragraf argumentatif akibat sebab
Paragraf argumentatif sebab-akibat adalah paragraf yang dikembangkan dengan menyampaikan terlebih dahulu akibatnya, kemudian dicari penyebabnya. .Contoh paragraf argumentatif akibat sebab tentang Udara Kotor.tif tentang Kegagalan Panen
TUGAS
1.    Buatlah 1 contoh paragraf argumentasi ?




















    Nama:     NIM:                   Tanggal:

LKS 1= Kognitif: produk

1.    Jelaskan paragraf argumentatif !

2.    Sebutkan ciri-ciri paragraf argumentasi !
3. coba anda jelaskan   fungsi paragraf argumentasi !
4. Coba anda jelaskan keempat jenis paragraf argumentasi  !
.
                                                                                                       













Jawabannya:
3.    Jelaskan paragraf argumentative!
Jawab:  Makna kata argumen ialah alasan. Jadi, yang dimaksud argumentasi itu adalah pemberian alasan yang kuat dan meyakinkan.  Argumentasi merupakan bentuk karangan eksposisi yang khusus.paragraf  argumentasi mengemukakan alasan, contoh, dan bukti yang kuat serta meyakinkan sehingga pembaca akan terpengaruh dan membenarkan pendapat, gagasan, sikap, dan keyakinan kita. Untuk membuk¬tikan bahwa apa yang kita kemukakan itu benar, perlu kita sertakan grafik, gambar, statistik, denah, peta, dan lain-lain.

4.    Sebutkan cirri-ciri paragraf argumentasi
Jawab: 1. Non fiksi / ilmia
2.bertujuan untuk mempengeruhi orang lain bahwa apa yang di kemukakan merupakan kebenaran .
3.di lengkapi dengan  bukti yang kuat dan meyakinkan
4. di akhiri dengan kesimpulan .
    3. coba anda jelaskan   fungsi paragraf argumentasi
Jawab : fungsi argumentasi adalah agar  pembaca yakin bahwa ide, gagasan, atau pendapat tersebut adalah benar dan terbukti.
5.    Coba anda jelaskan keempat jenis paragraf argumentasi 
Jawab :
1.    Paragraf argumentatif rincian
Jenis paragraf argumentasi rincian adalah paragraf yang berisi pendapat dan alasan penulis yang disertai beberapa rincian.
2.  Paragraf argumentatif contoh
Paragraf argumentasi contoh adalah paragraf yang berisi pendapat dan alasan penulis yang disertai beberapa contoh sebagai bukti bahwa pendapat penulis benar dan tidak dapat disangkal lagi oleh pembaca.
3. Paragraf argumentatif sebab-akibat
Paragraf argumentatif sebab-akibat adalah paragraf yang dikembangkan dengan menyampaikan terlebih dahulu sebab-sebabnya dan diakhiri dengan pernyataan sebagai akibat dari sebab tersebut.
4.Paragraf argumentatif akibat sebab
        Paragraf argumentatif sebab-akibat adalah paragraf yang dikembangkan dengan menyampaikan terlebih dahulu akibatnya kemudian di cari penyebabnya .



    Nama:         NIM:    Tanggal :

            LKS 2= Kognitif :proses
    Berdasarkan hasil bacaan , buatlah kesimpulan  dari isi  bacaan di atas !
    Tugas :
1.    Buatlah  satu contoh paragraf argumentasi   !
2.    Minta seorang temanmu  mengajukan  pertanyaan !  jawab pertanyaan yang di ajukan temanmu tersebut !
3.    Apakah kamu mampu mejawab pertanyaan teman kamu itu  dengan  kecepatan 275% ! berapa persenkah pemahaman di atas ! 
4.    Buatlah kesimpulan isi bacaan tersebut !


Tidak ada komentar:

Posting Komentar